Thursday, May 11, 2017

CARA OPTIMASI BLOG SETELAH GANTI DOMAIN

iklan

iklan
CARA OPTIMASI BLOG SETELAH GANTI DOMAIN

Bagi blogger pemula biasanya akan membuat blog dengan domain blogspot. Domain blogspot merupakan domain gratis yang berasal dari blogger. Namun dengan domain blogspot membuat kepercayaan pembaca sedikit berkurang alias kurang ngehh. Maka dari itu lebih baik domain blogspot tersebut Anda ganti dengan domain Top Level Domain (Domain TLD). Contoh domain TLD yaitu domain yang berbayar, seperti .com, .net, .asia, .ac.id dan lain-lain.

Dengan menggunakan Domain TLD makan pemabaca akan semakin yakin terhadap blog tersebut dan pasti akan lebih percaya bahkan akan menjadi tempat refrensi untuk mencari  artikel-artikel yang ada.

Nah lalu bagaimana yang sudah sejak awal menggunakan domain blogspot? Saya sarankan segeralah berganti ke domain TLD.

Untuk Anda yang mengganti domain segeralah lakukan beberapa hal ini. Untuk lebih mengoptimalkan blog Anda. Secara tidak langsung Anda akan mengoptimalkan kerja SEO, berikut caranya:

1.Segera daftarkan domain baru ke Search Engine
Gunanya mendaftarkan domain baru tersebut agar simbah google segera mengeanal alamat blog baru Anda. Dengan begitu akan mempermudah dan mempercepat konten atau artikel blog Anda di google. Selain Anda daftarkan di Google Search Engine, Anda dapat juga daftarkan ke search engine Bing, Yahoo dan search engine lainnya. Cara memdaftarkan situs ke search engine Google, Bing dan yahoo.


2.Daftarkan segera ke Webmaster Tools
Webmaster tools merupakan sebuah alat penting untuk kesuksesan blog Anda. Dengan webmaster tools Anda dapat melacak kinerja blog serta berkembangan blog Anda. Sehingga akan mempermudah Anda dalam memaksimalkan blog itu sendiri. Cara mendaftarkan sibus blog ke google webmaster tools.

3.Segera tambahkan Sitemap Google
Di goolge webmaster Anda dapat membuat sitemap. Banyak sekali manfaat dari sitemap blog.
Yaitu - Memungkinkan search engine merayapi (crawl) serta mengetahui aktifitas situs kita
- Memberikan informasi kepada seacrh engine tentang aktifitas blog kita, baik dalam mengidentifikasi jumlah halaman dan konten, konten-konten terbaru, mengidentifikasi isi tentang blog, jumlah URL, dan lain-lain.
- Sebagai cara memudahkan search engine dalam mengindeks URL situs dan lain-lain.

4.Daftarkan situs blog Anda ke Google Analytics
Setelah tadi mendaftarkan situs ke webmaster tools, alangkah baiknya segera mendaftar di google analytics juga. Karena webmaster dan google analytics saling berkaitan satu sama lain.

5.Daftar ke Alexa
Alexa.com adalah salah satu situs populer yang bergerak di bidang page rank dan trafic, fungsi alexa hampir sama dengan Google Analytics. Anda pun harus turut mendaftarkan blog baru Anda di Alexa karena tidak ada blog sukses yang tidak berhubungan dengan Alexa. Namun, pada tahun 2014 ini, untuk mendaftarkan blog ke Alexa harus menggunakan versi berbayar. Ini sedikit berbeda dari pada beberapa tahun yang lalu. Tetapi, jika Alexa sudah mendeteksi blog lama Anda, Anda bisa mengubah alamat blog yang lama menjadi blog yang baru. Tentu saja butuh beberapa hari bagi Alexa untuk mendeteksi blog baru Anda.

6. Promosikan blog baru Anda

Promosi merupakan langkah praktis agar situs Anda segera diketahui oleh orang banyak. Anda bisa share melalui Facebook, Yahoo, Twitter, IG Email dan masih banyak lagi.

Nah cukup sekian yang bisa saya bagi tentang “CARA OPTIMASI BLOG SETELAH GANTI DOMAIN”. Semoga bermanfaat

1 comments:

  1. untuk poin pertama lumayan cukup lama gan, ane sampe nunggu 1 bulan untuk terindeks

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggal komentar yang relevan